Ternyata bukan cuma smartphone yang bisa di jailbreak, rooting, dan lain sebagainya, kamera DSLR juga bisa loh sedikit kita tweak biar tambah greget. Fungsingya apaan sih, udah jelas dari pabriknya gitu pengen dianeh-aneh lagi haduh. Eits pernah coba ga pengen buat HDR foto, timelapse, bahkan HDR Video nah dengan cara ini kita bisa dapetin itu semua. Memang resiko pasti ada dan garansi pun bisa aja hilang, kalo kalian mau coba saya DWYOR (Do With Your Own Risk) dan silakan baca sampai akhir cara-caranya kalo ngga ya baca juga itung-itung nambah pengetahuan hahaha.

Sekarang saya akan perkenalkan kepada kalian semua sesuatu yang bisa bikin DSLR tambah greget yaitu (tereret teret *suara terompet) Magic Lantern. Si sesuatu ini adalah software untuk menaikkan dan mengoptimalkan fungsi dari kamera DSLR, sayangnya untuk jenis Canon EOS saja so yang selain dari itu gak bisa yah. Bukan ngehack si kameranya juga sih soalnya software ini ditanam lewat memory card gitu yang bakal diload langsung pas kamera dinyalain.

ML dikembangakan oleh para entusias bidang foto dan video, fiturnya yang bakal bikin kalian ngiler seperti buat foto dan video HDR, timelapse, motion detection, focus assist tools, manual audio control dan masih banyak lagi coba baca aja tentang Magic Lantern. Saat ini ML ada dua jenis yang stabil dan yang nightly build alias belum stabil. Kalau versi yang stabilnya udah ngedukung beberapa tipe yaitu 5D mark II 2.1.2, 50D 1.0.9, 60D 1.1.1, 500D 1.1.1, 550D 1.0.9 and 600D 1.0.2.

Saya pakai 600D dengan firmware 1.0.2 jadi udah bisa gunain yang stabil, jadi untuk yang setipe sama kamera saya bisa dicoba langkah berikut dan alhamdulillah udah berhasil makanya saya share kalao ngga nangis deh jadinya hehe.

Buat yang suka liat langsung tutorial lewat video juga ada nih dari om Dave Dugdale, yang mau baca sila lanjut bawah ya.


  • Langkah pertama pastikan batre kamera kita penuh jangan sampe nanti pasti install tiba-tiba mati gara-gara lowbat itu bahaya banget, bisa bikin kamera kamu ngebata (bricks).
  • Memory card yang digunain 32GB atau dibawahnya yang saya pakai 16GB kelas 10 (untuk merekam video tidak bisa di bawah kelas 10).
  • Selanjutnya pada menu pilih Clear settings → Clear all camera settings lalu pilih OK. Terus format deh memory cardnya centang low level format.
  • Setelah kameranya siap, download dulu ML di situnya lalu ekstrak semua file dari file zip ML.
  • Colokin memory card ke PC/Mac salin semua file yang tadi diekstrak ke dalam memory card jangan dijadiin folder di luarnya aja lalu eject/safely remove.
  • Colokin lagi memory card ke dalam kamera, nyalakan kamera masuk lagi ke menu pengaturan pilih Firmware → Update pilih Oke. Setelah itu tunggu beberapa saat kamera akan mulai ajeb-ajeb sebentar (blink) sedikit deg-degan dan tiba-tiba..... horee berhasil. Lalu restart kameranya dan selesai.

Setelah saya coba beberapa hari ini ternyata banyak fitur yang kerennya, bikin timelapse jadi gampang plusnya itu juga HDR cuma memang harus post production lagi akhirnya. Ya dengan cara ini bisa sedikit ngurangin waktu dan belajar sesuatu yang baru sih hikmahnya. Oke segitu saja yang bisa saya sampaikan posting ini juga terinspirasi dari Peta Pixel jadi selamat mencoba dan kabarin ya pengalaman kalian dengan ngomen di postingan ini :)


100 Comments

  1. kira2 berapa lama gan proses installnya, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo gan, ini kira-kira ga sampai 5 menit lah. Terus yang penting baterainya penuh ya biar ga fail :D

      Hapus
  2. aku udah instal ML, sukses, tapi buat mbuktiin fitur ini ada kita harus gimana ya? setelah aku cek menu dsb sepertinya biasa2 saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake kameranya apa ya? itu biasanya untuk lihat menu tekan tombol trash. Saya pake menu yang intervalometer berhasil ko buat bikin timelapse :D

      Hapus
  3. aku pake kamera 600D. ternyata aku kurang teliti, fitur ML ada setelah tekan tombol 'sampah'. tapi ada perubahan pergeseran tampilan menu standar agak geser kebawah, sehingga ada beberapa tulisan display yang kepotong di bagian bawah. setelah instal ML, kadang kamera susah dihidupkan, harus berkali-kali lepas-pasang baterai, itu kenapa ya? dan kalo dimasukin SD card yang nggak ada file ML kok kamera nggak mau on juga. kenapa ya? mohon pertolongannya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh udah diikuti cara2 diatas gan semuanya? Iya memang menunya nanti bergeser kadang kedap-kedip nimpa si menu asli pengaturannya tekan tombol 'sampah' pilih display terus liat yang pilihan screen layout pilih 3:2. Oia untuk SD cardnya bener kelas 10? Kalau SDCard yg biasa ga ada kelasnya resiko banget itu.

      Hapus
  4. waduh aku pake SD card class 4 bukan yang 10. tapi sejauh ini sukses kok instalnya. cuma belum tau efek kelebihannya buat hasil foto gimana, serta pemanfaatan fiturnya juga. emang bener ya gan, kalo misal SD card kita lepas dan ganti pake SD card lain yang nggak ada file ML, instalasi fitur ML nggak ada? apakah artinya kita harus tetap menggunakan 1 SD card yang berisi file ML dan kita gunakan saat awal meng instal ML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya itu pengaruh juga loh makanya harus pake yang kelas 10 juga soalnya pembacaan datanya bakal ke ganggu klo pake kelas 4. ML lebih dipakai buat video gan yaitu bisa ngasilin video dengan format HDR, trus fitur trap focus, sama fitur zoom yang langsung diliat lewat display jadi focus bisa lebih tajam, sama fitur audionya juga. Kalau untuk foto ane manfaatin intervalometernya buat timelapse sama image bracketing buat HDR.

      Setahu ane sih biar kameranya ga kacau format aja si SDcard ente di menu format kamera nya terus cetang yang remove ML biar ke uninstall softwarenya. Harap dipahami juga si ML ini menetap di SDcard jadi bukan dalam kamera jadi jangan khawatir kalau ganti SDcard ya otomatis MLnya juga ga ada. Hati-hati gan bisa ngebata tuh kamera kalau prosedurnya ga sesuai hehe, segitu aja sih semoga membantu :D

      Hapus
  5. hehehe, thanks udah berbagi. tapi kalo sd card kita ganti yang nggak ada file ML kan kembali ke menu standard ya? apakah itu berarti aman dan tetap dalam garansi, coz aku beli 600D baru 2 bulan lalu :-)

    so magic lantern nggak ngaruh banget buat aku yang kerja fokus di fotografi ya? bukan videografi. tapi kebanyakan yang pake dslr buat video bermain di kelas 60D yang katanya bagus, dan secara mekanik buat video nggak memberatkan kamera itu sendiri. menurut agan gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan :) iya bakal ilang menu MLnya dan balik lagi ke semula cuma ada tapinya gan hehehe harus instal ulang firmware resmi dari Canon biar kembali ke awal :D

      Iya mungkin seperti itu gan, di website MLnya juga banyaknya digunain di videografi. Setuju banget memang 60D kuat buat video tapi disesuaikan isi kantong ane belinya 600D sisanya beli-beli lensa deh hehe

      Hapus
  6. bang, ko ga ada audio control nya di ML buat 600d..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang dari sananya nyebutin gini juga gan "Magic Lantern has no audio controls for Canon 600D/T3i and newer cameras" jadi kita cuma bisa liat audio meternya aja. Pengaturan audionya langsung bawaan firmware Canon hehe

      Hapus
  7. gan mo tanya, gw pake canon 60 D memang kalo buat timelapse harus instal ML yah?
    bukannya ada timer remote intervalometer?
    di balas yaa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga juga sih gan, kalau punya alatnya seperti intervalometer mah lebih bagus. karena ane belum kebeli yang gituan jadi pake ML aja dulu hehe, fungsinya kan sama ngatur biar si shutter ngklik pada saat waktu yang ditentukan begitulah semoga jawabannya membantu :)

      Hapus
  8. gan kok installnya lama buanget ya gan? udah 15 menit masih kelap-kelip kaya lampu disko gan.
    trus klo sampe nge bata harus gimana nih gan? moga2 aja sih engga yaa #amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh bentar ko gan kalau ane mah, cuma 5 menitan lah. Nih yg biasanya ga ke cek gan, sdcard harus level 10, terus battre harus full, sm firmware dari canonnya kalau yg 600d harus 1.0.2 udah di cek gitu belum?

      kalau jadinya ngehang coba dimatiin aja dulu semoga ga ngebata yah amiin :)

      Hapus
  9. baru mau coba instal. tp ngefecknya, ke garansinya,, canon ngk tanggung jawab ya saya 600d, terus mau ngatur warna, ky warna gini itu pake apa ya http://www.youtube.com/watch?v=UhAitaG6M2g

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo een, iya emang efeknya garansi sih hehe. nah kalau mau atur warna kaya video yang km maksud sih tinggal maen coloring di video editornya, kalau saya pake adobe premiere, ada juga yang instant pake efek dramatis video coba cek aja http://www.redgiant.com/products/all/color-suite/ untuk cari cracknya di googling aja pasti ada ko :D

      Hapus
  10. - oya tanya lagi,,klu umpama, Memory card yg ML rusak,itu gimana klu mau gunaiin ML lagi, and
    - terus klu mau balikin ke versi 1.0.2 (ori) bisa ngk,.
    - kelebihan ML apa aj,
    blm coba upgrate,,masih 2 bln lagi garansinya,, :)
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. #1 tinggal masukin lagi filenya ke memory baru, soalnya ML cuma nyimpen filenya aja ko.
      #2 saya sendiri belum nyoba sih, cuma kayanya tinggal masukin dulu firmware ori 1.0.2 ke memory terus di load deh hehe.
      #3 kelebihannya ada dari segi fotografi dan videografi, nah videografinya sediri ini mendukung format RAW dan HDR jadi nanti efeknya sama kyk foto cuma hidup (video), masalahnya nanti aga sedikit panas kameranya. untuk fotografi saya manfaatin invalometernya, jadi tanpa alat tambahan kita bisa buat timelapse, ada juga HDR bracketing di ML ini.

      sekedar tips tapi ga nakut-nakutin loh hehe dari saya kalau belum yakin mending jangan, seandainya masih bisa tanpa ML. kalau mba hanya ingin warnanya dramatis bukan di ML tapi nanti di post productionnya pas tahap coloring. terus nanti pas install pastikan SDCard yang dipakai kelas 10, kurang dari itu kelasnya resiko gagal instalnya besar, selamat mencoba ^^

      Hapus
  11. Ane coba ya,,ane pake 5d..semoga berhasil ya,,ane baru pemula di fotografi.. :) baru tau yang namanya time lapse.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. woh mangga silakan dicoba, sharing nanti hasilnya :D

      Hapus
  12. oke udah berhasil terima kasih ya :) berjalan sempurna lah semuanya :) cuma yang ane heran ya kalau kita pencet tombol zoom (+) pada saat liat hasil foto kok langsung zoom full gitu ya? harusnya kan sedikit ya 10% aja lah,,ini langsung 100 % gitu ya? :D apa emang begitu ya dari lahir? :D ane lupa soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. woow hebat sama-sama hehe, oia itu emang aga sedikit gangguan gan fitur zoomnya jadi langsung 100% coba setting dibagian zoom MLnya nanti bisa :)

      Hapus
    2. Setting zoom nya di bagian mananya ya? :) yang di overlay ada magic zoom doang.. :D ahahaha

      Hapus
    3. ada di setting display MLnya gan coba di cek dulu hehe

      Hapus
  13. Oh iya yang di prefs terus image review..sudah bisa..:) terima kasih ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan sharing aja ntar hasilnya :D

      Hapus
  14. halo gan,saya penasaran mau nyoba,saya pakai 600d.tapi ada sesuatu yang mau saya tanykan,maksud dari sdcard class 10 itu gimana ya,cara liat clas memory kita gimana? saya pakai sdcard 8gb dr nikon,apakah ini bisa?

    satu lagi maksud dari update firmware itu gimana ya,klo gak di update gimana?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi itu tuh beda2 gan jenis sdcardnya. coba perhatiin tampak depan sdcar agan ada nomernya ga? biasa disitu ada nomernya. ga masalah produk dari mananya asal kelasnya sesuai. pengaruhnya transfer rate data klo sdcard kelas 10 lebih cepet :D

      Hapus
  15. bang emang lama yah pas di instalnya??ko kameranya cuman kedap-kedip lampunya.udah gitu gmana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ko cepet mba, eh ini tapi udah sesuai dengan yang saya tunjukin di atas kan? biasa suka masalah gara2 sdcardnya mba. hasil terakhir gmn?

      Hapus
  16. ia yah kayanya ada masalah di sdcardnya, padahal udah sesuai sama yang diatas, mau di coba lagi deh, makasih banyak yah infonya sangat membantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya coba diliat dulu harus kelas 10 yah sdcardnya hehe, oke sama2 klo ada apa lagi tentang tutorial di atas silakan jangan sungkan tanya saja :D

      Hapus
  17. Mas ngerti membuat ghost image atau itu istilahnya image overlay,udah pernah coba belum? :) kalau ngerti ajarin dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu fitur agar kita tau posisi sebelum moto gan jadi bisa buat stop motion gitu loh, ini buat referensi ada di lingk berikut yah http://vimeo.com/35974145 semoga membantu hehe

      Hapus
  18. hallo agan..ikut nimbrung.saya orang baru mengunakan kamera..kelihatannya untuk mengunakan magic lentern sangat menarik....sampe saat ini saya belum berani instal magic lentern ke kamera saya 60d..kwatir kalo kamera hank....baru belajar soalny....kalo boleh nanya gan kegunaan magic lentern itu sejauh mana apakah sangat penting.? dan jika terjadi hank apa akan mempengaruhi kamera....mengingat jika terjadi kerusakan biaya nya lumayan....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo gan, iya memang menarik sekali untuk manfaatnya sendiri sih banyak sebenernya cuma lebih banyak saya gunakan buat fotografinya aja misalnya buat timelapse jadi si kamera bisa ngitung sama 'ngejpret' sendiri tanpa perlu alat lagi, terus HDR bracketingnya juga otomatis misal kita mau HDR tinggal di aktifin aja ntar dia moto 3 kali (low, default, high exposure). Nah untuk videonya sih bisa bentuk RAW, kalau ga pake ML gabisa videonya RAW dengan adanya si ML ini ntar post productionnya bisa atur kaya kita moto dengan hasil RAW.

      Untuk agan yang baru belajar mending olah dulu aja kameranya gan, karena di 60d sendiri banyak fitur yang mungkin agan belum ke ulik juga, lebih bagus dari 600d punya saya hehe.

      Terus kalaupun mau install ga masalah sih cuma harus perhatikan sdcard yang dipakai kelas 10, karena ini yang suka jadi masalah. Dan klo udah ngehank iya itu dia resikonya terpaksa harus diservice dan garansi bisa hilang.

      So kesimpulannya mending dipake dulu, atau coba liat temen yang udah pake ML klo ada. Saya install ini juga setelah setahun saya beli 600d hehe. Tapi selebihnya terserah agan aja :)

      Hapus
  19. sekarang sudah berhasil setelah mengganti sdcardnya dengan kelas 10, terima kasih banyak info dan sarannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wohoo mantaps, sip sama2 yah senang bisa membantu :)

      Hapus
  20. mau nanya lagi :D klo kita format sdcardnya bakal hilang ngga megic laternnya ? apa baiknya hapus aja potonya klo mau ngosongin sdcard

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan boleh hehe, klo kita format di kameranya ga akan ilang nanti ada tulisan keep magic lantern bla..bla.. gitu secara otomatis dia bakal restore. kalau pun ke format ga usah khawatir tinggal masukin file MLnya lagi aja ke dalam sdcard :)

      Hapus
  21. Boss.. kalok untuk foto selain timelapse apa lagi ya ke unggulan ML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya saya juga belum ke ulik semua hehe. Setahu saya sih ada fitur yang namanya fokus trap jadi klo ini aktif ketika kita tekan shutter setengah dan itu udah fokus shutternya langsung ngeklik tanpa dipijit setengah lagi. Terus ada HDR juga tapi digabungnya pas post-production pake aplikasi. Magic zoom biar kita pas liat layar di lcd ada zoom di sudut layar. Masih banyak sih gan hehe silakan di cek aja di situsnya sudah saya kasih di artikel ini :D

      Hapus
  22. ko kamera saya ga nyala" lagi pas di instal ML :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh ko itu bisa gitu? udah diikutin semua cara-cara ane gan? yang suka bermasalah tuh biasanya kalau ga sdcardnya bukan level 10 atau ga agan batrenya ga full pas instalasi.

      Hapus
  23. kemren baru install,,sukses, sangat membantu kbtlan camera 600D,,isonya jadi bs manual :) oya,,klu mau nambahin mL lagi beda memori ,apa kudu istall lagi dari awal ,,atau gimana,,pernah coba copas file ML aja di memori,,dipasang ehh ngk ada MLnya,,tp klu diistall dr awal blm coba lagi,,

    mau coba timelisple,,masih blm paham sama setingan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah selamat ya mba, klo itu masih kamera yang sama spertinya tinggal masukin aja MLnya ke sdcard yang baru cuma harus diperhatikan yah jangan lupa kelas 10, tapi itu juga masih perkiraan saya sih hehe.

      untuk yang timelapse atur aja intervalometernya, nanti mudah2an saya bikin tutorialnya deh :)

      Hapus
  24. kmren saya coba tidak bisa,,kok ya ML di masukin di sc yg baru,,,apa kudu diistall ulang lagi MLnya,,umpama sc mau tambah lagi... :

    oya buat tutornya dunk,,timelapse detail,,ditunggu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oia ya? wah informasi baru buat saya juga itu, sepertinya harus di instal seperti cara pertama lagi. siap nanti saya coba bikin tutorialnya terima kasih :D

      Hapus
  25. nanya satu lagi
    klu mau bikin timelapse apa kudu seting HDR atau cuma intervalometer aja,,
    kasih tutor apa aja dunk yg dilakuan
    sama seting nya,,,
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma intervalometernya aja ko, gausah pake HDR, soalnya ntar pas digabung banyak banget hehe 1 foto jadi 3 exposure kan itu. untuk tip berhubung saya belum bikin ini ada caranya http://www.youtube.com/watch?v=suaY7xbt6Po. nanti digabung fotonya pake adobe after effect ini caranya http://www.youtube.com/watch?v=CRjD3ga7-OI semoga membantu :)

      Hapus
  26. 550d ku enggak nyala-nyala :(
    Udah leih dari 15 menit, sd udah kelas 10, firmnya juga udah 1.0.9 terus batre juga udah penuh, udah format juga memorinya...
    Ini kalau kelamaan, terus puter saklar off ngefek apa ya ke kamera?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sampe gitunya :( sekarang gmn gan kabar kameranya? biasanya sih klo udah sesuai dengan syarat minimum ML pasti bisa, coba deh tanya-tanya yang lain yang sama devicenya sy pake 600D takutnya ada yang lain faktornya

      Hapus
    2. Enggak ada masalah sama kameran gan. Kamera tetap lancar jaya, masih bisa motret, vidio dan kawan-kawannya gan. Buat fokus yang katanya jadi lebih lambat juga enggak kebukti gan. Yang jelas kamera ane masih tetap lancar dan enggak ada masalah sama sekali gan hhhee :D

      Udah saya coba diinstalin sama yang udah pernah nyoba gan tapi tetep enggak bisa, katanya sih ada kamera yang speknya udah memenuhi tapi tetep enggak bisa keinstall gitu katanya. Yaudah deh pasrah tanpa Magic Lantern hhhee :D

      Hapus
    3. Haha sip deh gan klo ga kenapa2 sama kameranya mah, btw ini ada video yang buat seri agan sapa tau mau nyoba lagi hihihi
      https://www.youtube.com/watch?v=KpFAGn8z2rE

      Hapus
  27. bro ini ada efek sampingnya buat kamera gak? di bales ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. efek sampingnya sih ane belum tau pasti tapi dan belum nyoba bisa di install firmware original lagi atau ngga hehe terus ya garansi juga ga ada, kalau instalasinya bener ga ada apa2 bro asik aja dipakenya ko. kebanyakan sih gagal pas instalasi kyk ngehang gitu, klo mau nyoba inget perhatiin cara2nya yah :)

      Hapus
  28. Gan, SDCard ane udah extreme class 10, tapi kameranya masih kedip kedip doang. kenapa yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan pake kameranya apa ni sama kah tipe 600D? hmm klo sama sih biasanya yang harus diperhatiin firmwarenya gan harus 1.0.2 semoga berhasil ya gan ga ngebata hehe

      Hapus
  29. gan, ane coba install di 500D ane, firmware gak ane update krna udah mentok di versi 1.1.0 SDcard udah sandisk extream, batere udah full, tp kok ktika ane install sdh 1 jam lebih "success" nya gak nongol2 ya, lampu nya aja yg kedip2, apakah ane hrus coba lg smpek bisa? klok iya ada efeknya gak? mhon info nya mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh memang aneh juga sih kompatibilitas ML tuh gan, ada yang masalahnya sama kyk agan. mungkin coba dicek ini khusus untuk 500D
      https://www.youtube.com/watch?v=KpFAGn8z2rE

      Hapus
  30. mau nanya dong, klau buat 60d apa aja ya kelebihannya klau menggunakan ML??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sih kayak yang saya bilang diatas itu ngerekam dalam jadi RAW dan bisa HDR, timelapse dan sebagainya hehe

      Hapus
  31. mas boleh liat gak hasil foto dari camera yg sudah ada ML ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya sama aja sih mas gan hasilnya klo foto, tapi boleh nih ane share aja hehe https://www.flickr.com/photos/kacangsuper/10758570035/

      Hapus
  32. Kalo mau un-install nya gimana bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kata di situsnya sih gini bro "Simply format the card. The bootflag will be still there, but it will not affect normal operation" nah referensinya di http://wiki.magiclantern.fm/faq. ada juga yg buat video tutorialnya ini bro videonya https://www.youtube.com/watch?v=dkVNn7AQ42Q

      Hapus
  33. bang mau tanya aja. beda sama materi diatas ya. jadi gini, kamera aku tuh menunya hilang beberapa. kayak, manual, auto, dsb. terus adanya cuma potrait, landscape, close-up, program ae sm video. padahal firmware juga udah diupgrade itu kenapa ya bang? makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kameranya apa sama 600D? nah klo pengaturan manual dan auto itu ada di gear bagian atas yang bisa diputer2 kayanya ga akan masalah ke firmware ko *cmiiw :)

      Hapus
  34. Permisi gan mw tanya nih. .. Bngung cari di stus ML nya kok gak ada download nya ya ? Mw download cri " d google jga gk ada!
    Bla prlu unggah dong ML nya gan untuk 600D ya :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya baru check lagi ternyata ML udah di update, untuk yang edisi di blog saya ini silakan cek link berikut https://bitbucket.org/magiclantern/magic-lantern/downloads/magiclantern-v2.3.550D.60D.600D.50D.500D.5D2.zip nah itu kopikan saja di address bar yah nanti langsung donlot ko :)

      Hapus
    2. Makasih udh ngasih link gan :)
      Salam photogrphy :)

      Hapus
    3. sama-sama semoga bermanfaat salam fotografi! :)

      Hapus
  35. kak saya pakai 70D, saya sudah baca2 banyak artikel 70D bisa pakai ML, saya coba pasang, bisa bekerja cuma ada sedikit kesalahan, saya gegabah langsung matikan kamera takut kenapa2, led merah nyala terus, saya langsung cabut baterai. saya hapus instalasi ML, saya hidupkan lagi kamera tapi ko gamau nayal terus ya sudah brpa kali lepas pasang baterai juga? :'( mohon bantuannya kak :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sampai ngebrick gitu yah, yang masalah sih bukan ke baterainya aja klo itu proses udah jalan kena firmwarenya mungkin ga sempurna..kaya kita update os windows nah kan suka ada peringatan jangan dimatiin dulu takutnya bisa ga nyala lagi. solusi saya sih langsung aja ke service kamera misal ke data scriptnya atau tempat dimana kamu beli, soalnya semakin kamu coba perbaiki sendiri semakin gawat juga..semoga berhasil yah semangat :)

      Hapus
  36. bro yang gw udah sesuai prosedur, tetapi ko lama yaa ketika instal ML, smpe 2 jam lebih malah kedap kedip led merah terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm sdcardnya udah kelas 10 itu? terus sekarang gimana kabar kameranya bro?

      Hapus
  37. Gan,, saya udah coba update magic latern, tapi gak bisa bisa, padahal udah ngikutin prosedur yang agan kasih, memo juga udah yang class 10, hasilnya kedip2 aja, udah 3 x nyoba, masih sama juga hasilnya, tolong dong kasih pencerahan biar bisa terinstal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo aga zuley, kykny itu dr MLnya deh coba ML yang dulu gan klo yg skg masih nightly dev artinya belum stabil ini yg sy pakai di tutorial https://bitbucket.org/magiclantern/magic-lantern/downloads/magiclantern-v2.3.550D.60D.600D.50D.500D.5D2.zip

      Hapus
  38. Balasan
    1. Gan gmana nih kamera engga kedap kedip udah di coba beberapa kali juga
      sdcardnya pun level 10

      Hapus
    2. wah error ga kameranya? sebenernya yang saya demokan di atas itu versi lama dari ML nya gan..untuk yg update di tahun 2015 ini belum ane coba :(

      Hapus
  39. om, untuk 50d firmwarenya harus yang versi berapa untuk isa dipasangi ML?
    tutorphotoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau tuh gan klo di 50d mah, coba langsung liat di situsnya aja gan di sini http://www.magiclantern.fm :D

      Hapus
  40. .gan saya mau tanya. . Nih
    aku kan megang kamera eos 70 D. yg bisa di pasang ML versi berapa yah . .
    Dan apa 70D bisa dipasang firmware versi 7D

    .gan minta tutorial dan ML untuk 70 D. .
    Ditunggu gan. '

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyknya sih bisa langsung mengunjungi situsnya gan di http://www.magiclantern.fm klo untuk nyoba ni 70D pengen sih cuma belum punya ehehe

      Hapus
  41. Om kalok memorinya bukan merk sandisk tpi yg v-gen SD gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga masalah sih gan merk mah yang penting kelasnya aja, klo kelas 10 berarti bisa gitu sih :D

      Hapus
  42. Gan saya mau tanya

    Kalo aplikasinya buat kamera EOS Kiss X50 udah ada belom yah?

    Dan misal ga cocok sama kamera saya apa yang terjadi?

    Saya mau bikin Timelapse vidio gan bisa kan pake aplikasi itu?

    Cuman saya ragu updatenya

    Mohon pencerahannya
    Kalo bisa minta no agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo gan, itu sama kan klo nama lainnya EOS 1100D.. klo liat di situsnya di support ko buat jenis kamera itu. Tapi klo mau bikin timelapse bisa juga tanpa aplikasi, jadi hitungannya manual gitu terus set timer sekitar 2 detikan agar stabil aja pas pengambilan gambar.

      Hapus
  43. Assalamu alaikum gan. gan gimana dgn solusi beberapa beberapa teman diatas yg saat instal proses lama sekali (lampu merah kedap kedip). Apa mereka sudah ada solusinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, waduh maaf gan sebenernya artikel ini mungkin tidak up to date lagi karena ML sudah ada versi terbaru buka seperti yang saya tulis disini. Saran saya sih coba lihat dulu FAQ di situs MLnya sendiri biar sama proses. Mungkin gitu aja gan maaf tidak banyak membantu :)

      Hapus
  44. kok saya install ML udah hampir 3 jam gak siap siap min,, saya camera 600d kelas 4 memorinya, satu lagi 60d kelas 10 memorinya, sama aja gak siap min,,, apa yang harus dilakukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo waduh maaf gan sebenernya artikel ini mungkin tidak up to date lagi karena ML sudah ada versi terbaru bukan seperti yang saya tulis disini. Saran saya sih coba lihat dulu FAQ di situs MLnya sendiri biar sama proses. terus kelas sd card wajib butuh yg kelas 10 sih intinya :)

      Hapus
  45. Mantabb mas....sukses install dengan hati riang gembira...trima kasih ya....sangat membantu sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooh terima kasih sudah mencoba, kereen pak! :)

      Hapus